Bumi Panas Dapat Picu Bangkitnya 'Virus Zombie', Bakal Jadi Pandemi Baru? - buyerswindowsmobilegooglemaps

Breaking

Selasa, 06 Juni 2023

Bumi Panas Dapat Picu Bangkitnya 'Virus Zombie', Bakal Jadi Pandemi Baru?

Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology.
Ilustrasi disease X yang disebut-sebut bakal jadi pandemi baru. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)

Jakarta -

Belakangan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sejumlah piawai kesehatan di dunia menyinari potensi hadirnya penyakit gres selaku pandemi menyusul COVID-19. Salah satu penyakit yang disangka bakal menjadi pandemi disebut selaku 'Disease X', karena belum diketahui niscaya jenis dan sumber penyakitnya.

Beberapa piawai kesehatan penduduk memprediksi, disease X akan bersifat zoonosis. Artinya, penyakit tersebut berasal dari binatang liar atau binatang peliharaan, kemudian menular ke manusia. Beberapa pola wabah zoonosis yang sudah ada yakni Ebola, HIV-AIDS, dan COVID-19.

Di samping itu, ada juga piawai yang menyebut, ada kemungkinan disease X yang kelak menjadi pandemi bermula dari 'virus Zombie'. Virus ini bekerjsama sudah berabad-abad ada dan terkunci di permafrost atau lanskap beku lainnya.

Namun pengaruh pergeseran iklim dan pemanasan, virus tersebut terlepas dan potensial menyebar.

Dikutip dari Daily Mail, tim peneliti internasional dari institusi di Rusia, Jerman dan Prancis memperingatkan bahwa risiko partikel virus purba akan menular acap kali diremehkan. Mereka khawatir, risiko virus tersebut bakal menyebar sekarang meningkat akhir pemanasan global dan pencairan permafrost. Imbasnya, akan ada beberapa penyakit yang sebelumnya terperangkap dalam es sejak zaman prasejarah, kemudian terlepas dan merebak.

Tim peneliti tersebut meliputi piawai genomik, mikrobiologi dan geosains. Mereka sudah melacak virus 'zombie' yang dibangkitkan ini selama nyaris satu dekade, kemudian menerbitkan temuannya di jurnal pada Februari lalu. Mereka menyoroti, enam penyakit yang bisa menyebar akhir virus Zombie yakni influenza, Pithovirus sibericum, Mollivirus sibericum, Pandoravirus dan megavirus raksasa, virus 'serigala' (Pacmanvirus lupus), dan cacar.

Di lain sisi, prioritas dalam daftar WHO terkait penyakit yang dikhawatirkan potensial menjadi pandemi gres yakni virus Marburg, demam berdarah Krimea-Kongo, demam Lassa, penyakit Nipah dan henipaviral, demam Lembah Rift, dan sindrom pernapasan Timur Tengah.



Simak Video "Serba-serbi Disease X, Penyakit yang Diwanti-wanti WHO"
[Gambas:Video 20detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar